Praha, Ceko (19): Langos, Jajanan Kaki Lima Asal Hungaria

Kota Praha menurut saya berkembang pesat dan mudah mengikuti permintaan pasar yang kekinian. Beberapa kali ke sini, justru saya sering mendapati jajanan yang selalu berbeda dan baru.

Setelah saya membahas Trdelník yang awalnya saya temukan di Hungaria, kemudian ada juga di Jerman. Lalu beberapa tahun kemudian muncul jajanan Trdelník ini di Praha, Ceko. Kalau ngobrol dengan teman-teman dari Eropa Timur, umumnya mereka berpendapat kuliner mereka agaknya identik.

Baca: Coba Tur Kanal di Amsterdam

Ketika tiba di Praha untuk sekian kalinya, saya mendapati jajanan Lagos yang berasal dari Hungaria. Sama seperti Trdelník, kini Langos ada pula di Jerman kemudian ada pula di Praha.

Lalu, apa yang membedakan Langos dari Hungaria ini dengan Langos dari Ceko? Pertama, tentu Langos otentik dari Hungaria sehingga jajanan ini ada di mana-mana. Anda bisa menemukan di pasar, warung, pinggir jalan, bahkan hingga restoran ekslusif.

Baca: Kastil di Tepi Sungai Danube di Bratislava

Sementara Langos di Ceko mungkin hanya tersedia di tempat-tempat tertentu seperti area wisata Kota Praha. Bahkan di Praha saya menemukan Langos dengan topping yang sepertinya Pizza, bisa bermacam-macam.

Di Budapest, Lángos secara tradisional diberi taburan bawang putih, krim asam, dan keju parut. Bisa juga disajikan dengan topping tambahan seperti ham, sosis, atau sayuran.

Baca: Mengapa Orang Indonesia Senang Datang ke Hong Kong?

Meski begitu, Anda bisa menyesuaikan dengan selera Anda sendiri. Kebanyakan mereka sudah menyiapkan adonan, Anda bisa memilih topping yang dikendaki. Makan satu Langos sudah mengenyangkan karena adonannya yang digoreng.

Meski bukan hal baru karena adonan yang digoreng, tetapi Langos bisa menjadi pilihan Anda yang ingin mencoba rasa kuliner Eropa Timur yang otentik.

Apakah Anda ingin mencoba Langos juga?

4 thoughts on “Praha, Ceko (19): Langos, Jajanan Kaki Lima Asal Hungaria

Leave a comment