Makanan Khas Italia (55): Cassatine dari Pulau Sisilia

Negeri Italia terkenal akan kelezatan makanan mulai dari makanan pembuka, makanan utama, hingga makanan penutup. Kalau liburan di Italia, kami merasakan makanan yang memang memuaskan lidah.

Hidangan penutup tidak hanya Tiramisu atau Panacotta saja loh. Saya sendiri pernah mencoba hidangan penutup yang terbuat dari lumeran cokelat yang nikmat, yakni Souffle.

Baca: Souffle, Hidangan Penutup dari Lumeran Cokelat yang Nikmat

Baru-baru ini saya diperkenalkan hidangan penutup lainnya yang bernama Cassatine. Kebetulan dessert ini terdapat Marzipan yang memang sudah menjadi favorit suami.

Marzipan memang dikenal di negara berbahasa Jerman, yakni semacam pasta kacang almond. Marzipan ini begitu lembut sehingga mudah dibentuk apa saja.

Baca: Kue Marzipan Kacang yang Lezat di Jerman

Berbicara tentang cassatine, hidangan penutup khas Italia ini berasal dari Sisilia. Konon Cassatine adalah versi kecil dari kue tradisional Sisilia yang terkenal, Cassata.

Bentuknya juga berbeda dari Cassata. Cassatine biasanya memiliki bentuk bulat atau oval kecil dan terbuat dari lapisan kulit martabak yang tipis, diisi dengan campuran ricotta, gula, dan bahan-bahan lainnya.

Baca: Beda Spaghetti Carbonara dengan Spaghetti Podomoro

Kali ini pesanan Cassatine kami terbuat dari marzipan, pasta kacang almond. Isiannya ada kacang pistachio, cokelat dan marzipan. Lelehan cokelat pun memberikan dekorasi suasana Cassatine ini.

Seperti yang Anda lihat, ciri khas Cassatine termasuk penggunaan buah kering, seperti kismis atau buah ara, serta citra atau kulit jeruk yang memberikan aroma dan rasa khas. Di pesanan kami adalah kacang pistachio.

Setelah diisi, Cassatine kemudian dipanggang hingga kulitnya menjadi renyah dan berwarna keemasan. Anda layak mencoba kelezatan marzipan dalam balutan Cassatine ini.

Leave a comment