Makanan Khas Italia (59): Bruschetta Pomodori

Berbicara hidangan dari Italia, memang tidak ada habisnya. Apalagi hidangan ini bisa menjadi hidangan pembuka, hidangan fingers food, sampai santapan buat tamu yang berkunjung kalau Anda mau.

Cerita perkenalan saya menyantap Bruschetta berawal dari kunjungan ke Roma beberapa tahun lalu. Restoran dekat hotel, tempat kami menginap, menawarkan makan malam. Saya setuju saja, dengan Bruschetta.

Baca: Cara Buat Bruschetta Sendiri di Rumah

Perkenalan berikutnya dengan Bruschetta adalah hidangan di hotel di Austria. Kebetulan saya tidak ingin makan makanan yang besar, sehingga pilihan saya jatuh pada Bruschetta. Jadi ini bisa menjadi pilihan kalau Anda tidak ingin makan besar.

Kali ini adalah Bruschetta Pomodori, yang berarti hidangan yang sederhana dianggap sebagai antipasto (hidangan pembuka). “Bruschetta” sendiri berasal dari kata bahasa Italia “bruscare,” yang berarti “memanggang” atau “membakar.”

Baca: Sandwich Mozzarella dan Tomat

Itu sebab hidangan ini umumnya terdiri dari roti panggang yang dihiasi dengan campuran tomat segar, bawang putih, basil, minyak zaitun, dan garam. Jadi komponen utamanya antara lain: roti baguette yang dipanggang, tomat segar, bawang putih, daun basil, minyak zaitun, garam, dan merica.

Untuk roti, bisa dipanggang pun bisa tidak. Pilih roti baguette yang memang diperuntukkan untuk Bruschetta. Selain itu, letakkan tomat yang dicincang halus bersama bawang putih, basil, dan bumbu lainnya.

Baca: Salad Isi Tomat dan Mozzarella Sudah Lezat?

Setelah roti dipanggang, gosokkan dengan bawang putih kalau Anda suka. Kalau tidak, Anda bisa langsung letakkan tomat cincang halus dan diberikan sedikit minyak zaitun. Anda bisa menambahkan Mozzarella untuk menambahkan kenikmatan.

Semua tergantung selera. Kalau Anda suka, tambahkan potongan Mozzarella dan bersamaan adonan tomat. Panggang sebentar, sampai Mozzarella meleleh.

Kini Anda siap menghidangkan Bruschetta dengan atau tanpa Mozzarella pun sama nikmatnya. Termasuk Anda bisa juga tidak memanggang atau memanggang irisan roti baguette.

Selamat mencoba!

7 thoughts on “Makanan Khas Italia (59): Bruschetta Pomodori

Leave a comment