Herbstkaktus, kaktus musim gugur.

Selama ini saya hanya mengenal kaktus sebagai tanaman berduri yang tak menarik. Padahal tiap tanamannya punya sisi menarik untuk dipelajari, termasuk kaktus yang dulu tidak saya ketahui. Bahwa kaktus merupakan bunga berumur panjang, bahkan sampai ratusan tahun. Kaktus juga memiliki lebih dari seribu jenis yang berbeda-beda di dunia. Informasi ini membuat saya terpana bahwa tiap tanaman punya sisi menarik yang mungkin tidak saya ketahui, seperti kaktus.

Sisi menariknya yang baru saja saya ketahui adalah kaktus memiliki bunga. Kaktus berbunga ini tampak cantik menghiasi salah satu ruangan di rumah ketika suami mengusulkan untuk membelinya di musim gugur. Musim gugur disebut dalam bahasa jerman sebagai “Herbst” sehingga kaktus saya pun dikenal sebagai “Herbstkaktus”.

Nama botani dari kaktus tersebut adalah Schlumbergera. Meski begitu, orang-orang di sini lebih suka menyebutnya kaktus musim gugur. Hal ini dikarenakan memang supermarket menyediakan stok penjualan saat musim gugur tiba.

Pendapat lain menyebutkan bahwa kaktus berbunga pun muncul juga pada musim lain. Seperti kaktus masa natal, yang disebut Weichnachtskaktus. Weihnachten adalah sebutan hari raya Natal dalam bahasa jerman. Padahal kaktus pada masa natal ini pun sama pula jenisnya dan berbunga seperti kaktus musim gugur.

Saat saya menelusuri jenis dan nama botaninya, baik kaktus musim gugur maupun kaktus masa natal pun memiliki kemiripan. Tak ada bedanya. Begitulah dunia industri membedakannya sehingga muncul perbedaan penyebutan.

Selama ini saya benar-benar abai dengan kaktus. Saya tunggu masa natal nanti. Apakah kaktus masa natal atau yang disebut Weihanachtskaktus pun sama seperti kaktus musim gugur yang saya miliki? Kita tunggu saja.

Apakah anda sendiri suka mengamati tanaman kaktus? Atau apakah anda punya tanaman kaktus di rumah?