Musim gugur sudah dimulai sejak beberapa pekan lalu, bahkan memasuki musim dingin bersalju. Di Jerman bagian selatan yang banyak area pegunungan tentu kondisinya lebih dingin ketimbang negara lain yang mungkin juga mengalami empat musim. Sebagai contoh nih, tiap pagi saya sudah diberi prediksi cuaca dari smartphone, besok pagi mungkin suhu udara berkisar 1 derajat atau minus 1 derajat. Terkadang jika saya keluar rumah suhu sekitar 3 derajat tetapi disertai hujan, angin bahkan salju yang membuat tubuh terasa dingin juga.

Mengacu pada kondisi tersebut, berikut saya bagikan pengalaman bagaimana memilih alas kaki yang sesuai saat musim gugur? Alas kaki merupakan bagian dari penampilan. Namun saat musim seperti ini, rasanya kita perlu sesuaikan juga dengan kebutuhan agar anda merasa nyaman saat di luar rumah. Tak mungkin saat udara seperti yang saya ceritakan di atas, lalu tiba-tiba anda berjalan keluar rumah dengan sandal terbuka. Semua orang di sini pasti mengenakan alas kaki yang tertutup.

Berikut tips dari saya:

(1). Sepatu terbuat dari bahan material yang tahan air.

Seperti yang saya jelaskan di atas, musim gugur tak lepas dari hujan dan dingin. Bahan material sepatu yang dimaksud misalnya sepatu dari kulit, sintetis kulit dan semacamnya. Karena saya memperhatikan teman-teman kelas yang menggunakan sepatu canvas atau sepatu olahraga maka mereka mengalami kebasahan saat hujan gerimis datang. Bagi saya, mengenakan sepatu yang basah akan membuat tubuh rentan dengan serangan influenza. Sepatu yang terbuat dari material tahan air juga menyebabkan sepatu tidak berasa lembab saat cuaca dingin. Jadi nyaman ‘kan? Sepatu terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah koyak.

Apa pun musimnya, di sini tak lepas dari aktivitas berjalan. Sebaiknya anda memikirkan alas kaki yang kuat terhadap angin dan dinginnya cuaca. Pilih sepatu yang bermaterial kuat. Itu pastinya, bukan sepatu berbahan kanvas atau bahan kain yang mudah koyak. Mungkin jenis sepatu yang terbuat dari kain atau kanvas cocok digunakan saat musim panas.

(2). Perhatikan alas bawah sepatu seperti sepatu tentara atau sepatu hiking.

Alas bawah sepatu juga berperan penting untuk membuat anda kokoh berjalan. Anda tidak mau ‘kan saat berjalan lalu terpeleset dan jatuh. Pilih sepatu yang alasnya seperti sepatu hiking atau sepatu model tentara. Ini berguna untuk membantu anda aman di saat hujan datang atau saat anda harus berjalan di tempat yang licin. Meski tampilan sepatunya menarik, namun pikirkan keselamatan anda juga.

(3). Sepatu yang nyaman untuk anda.

Poin yang terakhir dan utama sebenarnya, pilih sepatu yang membuat anda nyaman saat berjalan. Jangan kekecilan dan pula kebesaran! Pilih yang sesuai dengan ukuran anda. Di Jerman ukuran sepatu seperti di Indonesia, misal di Indonesia ukuran kaki saya nomor 37, maka di sini pun demikian, tidak dengan angka 6,5. Sepatu yang nyaman perlu diperhatikan dari cuaca yang dingin.

Suka dengan model boot? Sepatu ini cocok digunakan pada musim ini. Anda bisa pilih juga model boot yang panjang menutupi mata kaki atau menutupi betis yang melindungi kaki. Itu semua tergantung selera, namun pastikan sepatu itu nyaman untuk anda. Untuk kita yang biasa daerah tropis, ada banyak sepatu yang hangat seperti berbahan wol di dalam sepatu. Tentu ini membuat kaki tetap nyaman dan hangat di sini selama musim dingin.

Kesimpulan

Sepatu itu seumpama cinderalla menemukan sepatu kaca yang hilang. Jika anda suka mengenakannya, bukan tak mungkin anda akan terus memakainya. Namun saat ini perhatikan bahwa musim juga menentukan alas kaki yang sesuai dengan kebutuhan anda. Hal ini tidak semata-mata untuk penampilan saja.

Semoga bermanfaat!