PSYCHOLOGY

Mengapa Orang Ingin Terjadi Perubahan?

Things change every day unconsciously. When it happened, the choice is on your hands. My post now aims to explain the reasons people want to have the change in life. I thought the beginning of year is the right time to make the change of life. To explain in details the reasons, I’d prefer to tell in my mother language.

Have a blessed Sunday!

****

 

Awal tahun kerap dijadikan landasan kuat untuk membuat perubahan dalam hidup. Meski ini bukan sebuah aturan, namun nyatanya begitu banyak orang yang memilih awal tahun sebagai alasan untuk membuat perubahan.

Perubahan diperlukan agar roda kehidupan yang dinamis dapat berjalan menarik. Bagi sebagian orang, perubahan hidup itu menyenangkan meski mengkhawatirkan keberhasilannya. Dan bagi sebagian lainnya, mereka tak ingin bertaruh konsekuensi yang besar untuk membuat perubahan. Alasannya, bisa jadi karena kenyamanan.

Jadi buat apa berubah? 

Berikut alasan mengapa ingin terjadi perubahan.

1. Karena sudah bosan dengan situasi yang dihadapi.

Kebosanan terhadap situasi yang terjadi mendorong orang menuntut perubahan. Bayangkan jika setiap hari makan dengan menu yang sama, suatu saat saya pun ingin mencoba menu baru dengan memasak atau mencari restoran. Atau setiap hari dihadapkan dengan situasi pekerjaan selama belasan tahun yang membosankan, tentu akhirnya saya pun memilih untuk hengkang dan mencari pekerjaan baru.

Perubahan adalah jawaban atas masalah kebosanan yang terjadi. Perubahan diperlukan dengan harapan terjadi pembaikan. Perubahan terjadi agar saya tidak mengalami hal yang sama lagi.

2. Karena ingin terjadi pembaharuan.

Berbagai inovasi diciptakan di dunia sebagai pembaharuan. Bayangkan jika dari dulu saya terbiasa mencuci baju dengan tangan, lalu hingga kini tak ada mesin cuci maka tak terbayang berapa lama waktu yang dihabiskan setiap minggu hanya untuk mencuci baju. Akhirnya, saya ingin perubahan agar terjadi pembaharuan. Mesin cuci adalah salah satu pembaharuan yang terjadi akibat banyak orang ingin perubahan dalam hidup.

Berbagai pembaharuan di dunia ini misalnya peraturan perundang-undangan yang diperbaharui karena banyak orang ingin mengalami perubahan tentang regulasi yang berjalan selama ini. Pembaharuan dalam berbagai segi kehidupan menggambarkan perubahan itu pasti terjadi, mau tidak mau.

3. Karena sudah lelah menghadapi hal yang monoton.

Hal yang negatif dan menjemukkan kerap menguras energi kita sehingga mudah menjadi lelah dan tak bergairah. Saya ingat saat masih di Jakarta dulu, saya memiliki teman-teman yang begitu lelah menghadapi situasi yang sama dan tak berujung. Misalnya saja kondisi macet di Jakarta yang dihadapi setiap hari saat berangkat ke kantor.

Kelelahan lain adalah masalah politik atau kenyamanan bermasyarakat yang membuat resah dan tak selesai. Situasi ini membuat saya terbawa dengan kondisi yang sama-sama melelahkan. Kondisi pergantian kepemimpinan di tampuk pemerintahan adalah perubahan yang diharapkan banyak orang.

4. Karena kondisi yang semakin lama memburuk. 

Perubahan pun menjadi harapan banyak orang bilamana kondisi yang dihadapi semakin lama semakin memburuk. Perubahan diupayakan agar terjadi pembaikan. Perubahan diperjuangkan untuk mengatasi kondisi yang semakin memburuk.

5. Karena peraaan emosional yang dihadapi semakin sering dialami.

Sadar atau tidak bahwa perubahan diinginkan kala kita sudah menghadapi situasi yang memancing rasa emosional. Jika anda sering mengeluh, mudah marah-marah dan mencaci maki terhadap keadaan, mungkin saatnya anda memulai perubahan.

 

Kesimpulan

Perubahan tidak selalu menjadi harapan banyak orang. Malahan ada yang takut menghadapi perubahan dalam hidupnya. Perubahan menimbulkan kecemasan, kekhawatiran dan ketidaknyamanan. Perubahan adalah seni yang mewarnai kehidupan. Agar perubahan berjalan semestinya, jangan menuntut perubahan pasti membawa kebahagiaan!

Selamat berhari Minggu! Mumpung masih awal tahun, silahkan tentukan perubahan apa yang ingin dilakukan tahun ini!

Advertisements

Categories: PSYCHOLOGY

Tagged as: ,

7 replies »

  1. From what I have learned, we fear to lose what is known, not the unknown. Life is so rich if we could be present to experience it, but regret and worry pull us away from being here now. Wanting what one has is simple but not easy.
    Great post-Thank you for having a translator

    Liked by 1 person

  2. Anna
    Bob Dylan sang “the times are a-changing” and as human beings I hate monotonous life but you can be changing better or worse…
    A thing is sure changing you’re alive and longing for…
    Live it up ! All the best and wondrous Sun.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.