ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Maibaumkraxeln, Tradisi 1 Mei di Jerman dan Austria

A labor day has been celebrated on 1 May in Indonesia and some countries over the world. In order to festive that day, I found the unique tradition in Germany and Austria. As known Maibaum nor Maypole has a long tradition to be marked as labor day then placed on center of city. People around came and celebrated around the Maypole. Not only that, another tradition made competition to climb Maypole. This a reason to call it “Maibaumkraxeln” another deutsch words.

And what is your tradition on Labor day?

Maibaum terpasang di pusat kota Schärding, Austria.

1 Mei dijadikan hari libur nasional di Indonesia. Demikian pula di Jerman, 1 Mei disebut “Tag der Arbeit” dimana tanggal tersebut dijadikan hari libur nasional. Pada tanggal tersebut, ada juga istilah yang menyebut Maifeiertag

Apa yang menarik di tanggal ini?

Kemarin Senin sebelum libur, saya sempat diskusi dengan berbagai teman multi bangsa di sini. Ternyata tidak semua negara juga menjadikan 1 Mei sebagai libur nasional. Beberapa negara mengamini bahwa tanggal 1 Mei libur, sebagian lagi tidak. 

Topik obrolan adalah kebiasaan atau tradisi yang dilakukan untuk merayakan hari pekerja internasional di tiap negara. Saat seseorang bertanya pada saya, “Apa yang biasa dilakukan orang-orang di Indonesia pada 1 Mei?” Jika anda mendapatkan pertanyaan tersebut, apa jawaban anda?

Di Jerman ada tradisi, Maibaumkraxeln. Dari asal kata “Baum” adalah pohon maka ini semacam pohon yang dibuat istimewa dengan puncaknya yang harus didaki oleh beberapa orang. Saat saya diperlihatkan gambarnya oleh teman asal kota kecil di Austria, saya katakan ini mirip lomba panjat pinang saat perayaan hari kemerdekaan RI. Ya ‘kan? 

Maibaum adalah pohon cemara yang tinggi. Diamplas halus batang pohonnya dan diberi hiasan. Maibaum diletakkan di pusat kota. Lalu ada tradisi dimana semacam kompetisi antar pekerja untuk tiba di puncak pohon. Pemenang adalah orang pertama yang bisa meraih puncak dengan membawa bendera dalam waktu tercepat dan mengalahkan yang lainnya. Di sekitar pohon tersedia makanan dan minuman tentu saja bir. Orang-orang bersuka ria karena libur kerja. Ada juga yang menari dan bernyanyi bersama.

Karena penasaran dengan tradisi ini, kemarin saya melipir ke Austria, kota teman saya tersebut. Ternyata saat saya datang, kompetisi sudah selesai namun maibaum tetap terpasang. Jadi saya tidak dapat menyaksikan kompetisi yang dimaksud. Di pusat kota, dijadikan biergarten dan kumpul-kumpul para pekerja. Sebagian pekerja lainnya ada yang melakukan makan bersama barbeque di suatu tempat. Sebagian lagi memilih menghabiskan waktu bersama keluarga. 

So, mungkin berikutnya akan ada ulasan lebih lengkap lagi jika saya tidak melewatkan tradisi maibaum. 

Bagaimana dengan anda sendiri? Apa yang anda lakukan pada 1 Mei kemarin?

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as: , ,

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s