ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Televisi pun Sudah Smart TV, Bukan Analog Lagi

Ilustrasi.

Kemajuan teknologi di bidang televisi di Jerman memang sudah berada di depan. Saya sudah bertanya kepada suami, perkembangan televisi di sini dengan tempat tinggal saya di Jakarta, dimana saya lahir dan dibesarkan. Misalnya televisi berwarna itu di sini sudah ada sejak tahun 1970-an sedangkan saya baru mengalami perkembangan televisi berwarna itu sekitar tahun 1980-an di ibukota Indonesia. Itu artinya, ada perbedaan sekitar lima sampai sepuluh tahun. Itu prediksi saya.

Kali ini perkembangan televisi di Jerman selangkah lebih maju lagi. Kemudahan ini terjadi seiring dengan internet yang merambah ke televisi, sehingga menjadi smart tv. Itu sebab kami pun berburu televisi baru yang sudah tidak terhubung lagi dengan antena. Himbauan bahwa program televisi yang semula analog akan menjadi digitalisasi berangsur-angsur dimulai sejak akhir musim panas tahun lalu.

Perubahan ini tentu ada sebabnya. Seiring dengan bermunculan penjualan televisi “smart tv” yang terjangkau di toko elektronik menyebabkan kepemilikannya meningkat sekian persen berdasarkan survei. Bahkan akhir tahun, kami sudah mendapatkan pengumuman bahwa program televisi analog akan berangsur terhapus. Saya sendiri tidak tahu bagaimana penerapannya di Bundesland lain, hanya saja di Bavaria sudah mulai diberlakukan.

Televisi klasik yang menggunakan antena sudah mulai ditinggalkan. Teman mahasiswa lain mengeluh karena dia tidak bisa menonton televisi hanya karena dia belum mengganti televisinya. Padahal tiap orang di sini, termasuk mahasiswa non Jerman dikenakan pajak radio dan televisi. Program televisi yang ditayangkan di sini pun bervariasi tiap negara bagian. Dengan begitu, televisi “smart tv” membuat saya sebagai pendatang belajar banyak hal, seperti budaya, kebiasaan dan bahasa. Program televisi banyak dan membantu saya mengenal negeri ini.

“Smart tv” sama seperti “smart phone” dimana kita terhubung juga dengan internet secara langsung. Hal yang bermanfaat bagi saya lainnya, saya bisa belajar bahasa Jerman dengan running text bahasa Jerman di sebagian program televisi. Begitulah “smart tv” yang membuat saya juga jadi “smart” berbahasa Jerman.

Apakah anda ada pengalaman lain?

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.