Poppy Seed, Biji-bijian Bunga Poppy yang Dimanfaatkan dalam Kuliner dan Produk Kecantikan

Poppy seed atau biji-bijian bunga poppy untuk kuliner.

Bunga poppy atau poppy merah sudah saya bahas sebelumnya, yakni bunga yang begitu cantik di antara ilalang yang tak terurus. Padahal bunga ini termasuk bunga tertua yang ada di dunia. Dalam literatur dikatakan bunga ini pernah ada sekitar 4600 sebelum masehi di benua Eropa. Sejak dulu bunga ini selalu masih jadi perdebatan manfaatnya bagi kehidupan manusia. Di awal saya ceritakan getahnya berbahaya, tetapi biji-bijian pada bunganya telah lama dimanfaatkan manusia.

Suatu kali saya membahas bunga poppy merah dengan rekan mahasiswa di sini. Saya bercerita tentang bunga ini kepadanya. Lalu dia menanggapi cerita saya dengan mengatakan bahwa biji-bijian poppy yang dikeringkan itu bisa dimanfaatkan dalam dunia kuliner. Katanya lagi biji-bijian poppy bisa ditemukan dengan mudah di supermarket di sini.

Saya sangat penasaran soal itu. Lalu kami pun sepakat membuat kue Mohnkuchen, yang akan saya rincikan resepnya pada artikel berikutnya. Sebetulnya ada beberapa resep yang bisa dibuat dari biji-bijian poppy, saya memilih resep yang mudah saja.

Biji-bijian poppy atau biasa disebut juga poppy seed bentuknya seperti yang anda lihat di atas. Bentuknya sangat kecil dan lebih kecil dari biji wijen menurut saya. Warnanya hitam dan putih sama seperti biji wijen. Secara umum konsumsi poppy seed yang tak berlebihan tentu saja aman. Namun, ada sebagian orang tertentu yang bisa saja mengalami alergi karena makanan yang dikonsumsinya mengandung poppy seed.

Poppy seed bisa digunakan dalan kue, roti atau salad. Kegunaannya mirip seperti biji wijen. Meski bentuknya kecil tetapi kegunaannya sangat besar. Anda tahu bahwa kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya sangat tinggi. Biji-bijian poppy baik untuk kesehatan tulang dan kulit. Bahkan kandungan omega 6 dan omega 9 sangat tinggi dalam biji-bijian poppy.

Biji-bijian poppy juga menghasilkan minyak yang kaya akan antioksidan juga. Bila dikemas dalam suplemen maka sangat baik untuk menurunkan risiko sakit jantung. Minyak dari poppy seed ini banyak digunakan penggunaan luar seperti kesehatan kulit dan rambut. Karena kandungannya yang sangat baik, minyak dari biji-bijian poppy banyak digunakan dalam produk kecantikan.

Saya sendiri berhasil mencoba biji-bijian poppy untuk membuat kue sesuai resep warga di sini. Kue apa yang berhasil saya buat dari biji-bijian poppy, sila dinantikan ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.