Hallstatt, Austria (3): 5 Aktivitas yang Bisa Dilakukan sebagai Turis

Senja di Hallstatt, yang tak tampak.
Panorama tepi danau yang tak berubah.
Letaknya di Austria.
Panoramanya mengingatkan pada film Frozen.

Hallstatt memang sudah pernah saya bahas tiga tahun lalu saat kami menjelajah pertama kali ke Austria. Danau dan desa yang menawan ini memiliki magnet tersendiri bagi pecinta nature seluruh dunia untuk menikmati langsung keagungan Tuhan. Indah dan tetap indah saat kami tiba lagi ke Hallstat usai perjalanan liburan kami di Austria beberapa waktu lalu. Keputusan berkunjung ke Hallstatt diambil karena kami melintasi area tersebut dan berpikir mungkin sekarang tak banyak wisatawan yang datang.

Kami datang sudah jam 17.00 sore hari dan parkiran mobil pun masih saja penuh. Kini bea parkir mobil per jam dikenakan 4€. Usai mobil diparkirkan, kami mampir sebentar ke area Salzbergbahn yang belum pernah dicoba. Kami tiba di saat jadwal kereta sudah mencapai jam terakhir. Akhirnya kami putuskan lain kali saja untuk mencoba Salzbergbahn.

Begitu tiba di Hallstatt, kami masih melihat masih banyak juga wisatawan yang datang meski sudah jelang malam hari. Artinya, dugaan kami di awal salah bahwa tempat ini sepi wisatawan. Hallstatt memang masih mempesona dan tetap menawan para wisatawan dunia untuk mengagguminya. Kami berjumpa dengan wisatawan berbagai belahan dunia, yang terdengar dari konten bahasa yang mereka perbincangkan.

Meski ini bukan kali pertama ke Hallstatt, namun kami masih menjadikannya target untuk mencari ketenangan di tengah hiruk pikuk kota. Panorama alamnya menawarkan kedamaian. Jika anda ingin berkunjung ke sini, berikut 5 hal yang bisa anda lakukan.

1. Mencoba Salzbergbahn Hallstatt

Naik kereta ke puncak.
Letaknya tak jauh dari parkiran mobil.

Hallstatt yang berada di area pegunungan ini memang menawarkan panorama kehijauan Salzkammergut. Loket dibuka jam 09.00 sampai jam 18.00 untuk menuju ketinggian 300an meter. Dari atas anda akan mendapati pemandangan yang aduhai cantiknya. Sayangnya kami datang sudah menjelang tutup. Bagi pecinta alam anda bisa juga naik kereta menuju ke atas, kemudian berjalan menuruni lereng tanpa kereta. Ini bisa menjadi alternatif olahraga juga bagi anda.

2. Berkeliling desa tepi danau

Rumah di atas dengan pemandangan indah.
Mulai dari sini.
Desa yang indah.

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menjelajah desa tepi danau ini. Konon desa yang berpenduduk kurang dari 800 orang ini telah ada sejak abad 16, namun sebagian meyakini bahwa desa ini telah ada sejak sebelum masehi. Hal ini dibuktikan dengan situs kuburan luas seperti yang terdapat pada zaman besi. Mengenai informasi ini, bisa diperoleh di museum di Bad Ischl, kota yang baru saja saya kunjungi. Itu sebab Hallstatt layak dijadikan situs warisan dunia UNESCO karena telah lama ada sejak ribuan tahun lalu.

Sebagaimana anda tahu kontur geografis lokasi ini maka saya sarankan anda siapkan alas kaki yang nyaman untuk berpetualang naik turun desa. Dijamin anda akan puas melihat berbagai sisi pemandangan danau dan keindahan panorama salzkammergut yang indah ini. Sayangnya kami datang sudah hampir gelap sehingga kami urung melakukannya.

3. Menikmati kuliner lokal dengan pemandangan indah

Menikmati kuliner lokal di sini atau tepi danau.

Usai berkeliling, pengunjung juga bisa mengamati aneka sovenir atau cinderamata sebagai kenang-kenangan yang banyak terjual di sini. Tak hanya itu kuliner lokal dan rasa western juga tersedia di sini. Anda bisa memilih duduk di tepi danau sambil menikmati pemandangan indah atau hanya sekedar makan saja dengan suguhan lalu lalang turis dan panorama dalam desa.

4. Berkeliling pakai kapal wisata

Naik kapal wisata dalam hitungan 1 jam.
Naik perahu bebek? Bisa dicoba nih.

Danau yang indah ini sayang jika tak dieksplorasi, tanpa mencoba naik perahu di sini. Pilihannya ada macam-macam. Jika anda ingin suasana yang romantis nan privat, maka anda bisa menggunakan kapal bebek hanya untuk berdua saja. Tetapi jika anda datang dalam grup dan punya lisensi untuk setir boat atau yacht maka anda bisa gunakan itu untuk berkeliling area danau sekitar. Namun bila dua pilihan tersebut tidak ingin anda coba, anda bisa ikut daily cruise yang mengajak anda berkeliling secara terjadwal dan terprogam.

5. Dachstein Hallstatt

Indahnya berada di sekitar pegunungan.

Pilihan aktivitas yang terakhir adalah mengunjungi dachstein. Sebetulnya ini mirip seperti Zugspitze, di Jerman. Dachstein menawarkan keindahan alam dari atas ketinggian sekitar hampir 3000 meter. Area pendakian dan pecinta alam yang suka pegunungan bisa datang ke sini karena area ini sudah dibuka sejak 1997 sebagai bagian dari kunjungan Hallstatt.

Kesimpulan

Semua aktivitas di atas hanya tawaran ide saja sepanjang anda senang melakukannya. Namun anda juga bisa saja hanya seperti kami hanya berkunjung dan duduk di tepi danau saja saja sudah menjadi aktivitas membahagiakan. Memang ini bukan kunjungan pertama kali, tetapi Hallstatt memang selalu menawarkan panorama alam yang mempesona khas pegunungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.