Makanan Khas Jerman (129): Klassische Reibekuchen mit Apfelmus

Kentang adalah makanan pokok orang-orang di sini. Di rumah kami, stok beras dan kentang hampir sama. Saya biasa buat sambal nasi goreng, kemudian mencampurkan nasi. Itu sudah nikmat menurut saya.

Serupa dengan saya, suami saya hanya merebus kentang dan dinikmati dengan Butter, itu pun sama nikmatnya seperti saya menikmati nasi goreng. Omomg-omong soal kentang, entah berapa banyak olahan kentang yang sudah dibahas di blog ini.

Baca: Kue Kentang Bercampur Marzipan yang Manis

Namun sepertinya saya belum membahas olahan kentang berikut ini. Ini semacam kentang serut yang kemudian digoreng. Bentuknya hampir mirip dengan Rösti menurut saya.

Cara menikmatinya adalah adonan kentang yang sudah digoreng, kemudian dinikmati bersama Apfelmus. Apfelmus sendiri sebagai cocolan sausnya, dengan rasa apel yang masam.

Baca: Gröstl, Cara Buat Tumis Kentang

Bahan-bahan yang dipergunakan untuk Reibekuchen antara lain: kentang yang sudah diserut halus, bawang Bombay yang dicincang, telur, tepung terigu, garam dan merica, serta minyak goreng secukupnya.

Campur kentang parut dengan bawang bombay, telur, tepung terigu, garam, dan merica. Aduk hingga tercampur rata. Buat takaran adonan berbentuk pipih. Pastikan adonan padat sehingga hasilnya menjadi kenyal dan crispy sempurna.

Baca: Offenkartoffeln dan Cara Membuatnya

Goreng kedua sisi adonan hingga kuning kecokelatan. Anda bisa sajikan dengan Apfelmus yang dijadikan hidangan klasik. Pilihan lainnya adalah saus yoghurt dengan bawang putih.

Semua tergantung selera Anda. Jadi menu ini bisa menjadi pilihan Anda kalau Anda ingin menikmati makanan orang Jerman, yang praktis dan mudah.

Selamat mencoba!

4 thoughts on “Makanan Khas Jerman (129): Klassische Reibekuchen mit Apfelmus

Leave a comment