Ikan forelle dalam bahasa Jerman merupakan ikan yang biasa hidup di lautan pasifik. Ikan ini biasa juga disebut rainbow trout. Tentang ikan ini saya tidak paham apa namanya dalam bahasa Indonesia.

Yups, pos ini bercerita makanan khas Balkan yang dipesan suami saya. Ikan forelle memiliki banyak duri dan rasanya lunak menurut saya seperti ikan dori. Semula saya pikir ini ikan dori, ternyata bukan.

Ikan ini ditulis dalam buku menu sebagai gebackenen forelle mit pommes. Pertama-tama saya bahas pommes dulu yakni kentang goreng yang semula direbus dulu agak matang. Setelah itu ditumis dengan irisan bawang bombay. Tambahkan garam secukupnya dan hiasi dengan daun seledri cincang.

Selanjutnya ikan forelle, pertama-tama dibersihkan dan dipotong siripnya. Lalu keringkan sebentar dengan tisu. Beri garam dan lada di kedua sisi. Masukkan ikan di rendaman telur yang dikocok sebelumnya. LaluΒ masukkan lagi dalam tepung.

Kemudian panaskan mentega di wajan. Masukkan ikan dan goreng hingga kecoklatan. Jika sudah selesai, sajikan dengan mayonaise. Beri mayonaise perasan lemon dan irisan daun dill.

Selamat makan!