FOOD

Thunfischsalat, Salad Tuna dan Sayuran ala Vietnam: Makanan Khas Asia (41)

Menikmati salad memang tak memandang waktu, termasuk saat bukan musim panas seperti sekarang ini. Karena salad itu menyehatkan maka saya pun memilih salad saat suami ajak makan ke restoran Vietnam di sini. Ini adalah makan malam, saya tidak ingin makan dengan porsi yang besar. Pilihan saya jatuh pada Thunfischsalat, yakni salad dengan ikan tuna.

Selang sepuluh menit pramusaji mengantarkan minuman dan salad ikan tuna yang saya pesan. Tampaknya memang enak, karena berwarna-warni menawan mata saya. Apalagi dibuat dengan porsi yang sedang, tentu tidak membuat saya bingung menghabiskannya.

Salad tuna pesanan berisi aneka sayuran antara lain kol, tauge, timun jepang dan paprika. Kecuali tauge, semuanya diiris halus sehingga mudah untuk dikunyahnya. Ada tambahan pula irisan bawang merah. Hanya saja bawang merah di sini ukurannya lebih besar dibandingkan di Indonesia. Jadi anda akan melihat irisan bawang merah bersamaan dengan irisan sayuran.

Hal menarik dari salad ini adalah tomat ukuran buah ceri dan buah zaitun. Di sini buah tomat berukuran berbeda-beda. Tomat ukuran buah ceri misalnya rasanya lebih manis dan biasa disantap seperti layaknya salad. Sedangkan tomat ukuran besar kebanyakan digunakan untuk campuran masakan. Jika anda tak suka buah zaitun, silahkan ditinggalkan saja di piringnya!

Rupanya salad tuna ini juga menggunakan dressing olive oil. Ini terlihat dari kuah salad yang berwarna kehijauan. Rasa asam, asin dan manis menyatu dalam dressing salad ini. Tak lupa irisan ikan tuna yang diletakkan di atas salad.

Ikan tuna yang dipilih berasal dari kemasan kaleng yang sudah matang dan bisa dibeli di superamarket. Ikana tuna punya gizi yang tinggi. Selain sebagai sumber protein dan sumber mineral, lemak ikan tuna juga menyehatkan jantung. Lagipula ikan tuna punya tekstur yang lembut dan cocok dijadikan salad.

Sebagai penambah rasa, diberi taburan garam, lada dan cabai bubuk. Hmm, rasa salad tuna buatan restoran Vietnam ini enak juga.

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.