Swedia, Köttbular (16): Hidangan “Bakso” Pakai Saus Krim

Makanan berikut yang diperkenalkan adalah Swedish Meatball, yang disebut Köttbular. Meski kami berdua pernah berkunjung ke Swedia, tetapi kami sendiri pernah menikmati pertama kalinya di Indonesia.

Karena saya tidak pernah membahas sebelumnya, saya kini akan menceritakan kelezatan dari “bakso” asal Swedia ini. Bagi Anda yang tinggal di Indonesia, mungkin Anda masih bisa melihatnya di restoran IKEA.

Baca: Resep Buat Fleischpflanzen

Bakso Swedia, atau “köttbullar”, adalah hidangan tradisional Swedia yang terbuat dari campuran daging giling, seperti bakso umumnya. Biasanya daging giling yang digunakan adalah daging sapi dan babi.

Untuk campuran lainnya adalah remah roti, telur, bawang bombay, dan rempah-rempah khas Eropa dan pala. Bahan pembuatannya seperti Fleischpflanzen atau Frikadellen di Jerman.

Baca: Resep Perkedel Sayur dari Afrika

Köttbular biasanya berukuran bulat dan kecil, serta sering disajikan dengan selai lingonberry, saus krim, dan kentang tumbuk atau rebus. Itu sebab mirip seperti di Jerman.

Makanan ini disediakan di kantin kampus saya. Rupanya Köttbular ini merupakan hidangan populer di Swedia dan di seluruh dunia, karena terkenal karena rasa gurih dan teksturnya yang lembut.

Baca: Swedish Beef Stew Dinikmati Langsung di Swedia

Ada banyak alasan “bakso” Swedia dianggap enak, seperti penggunaan daging giling dengan campuran rempah. Penambahan remah roti dan telur membantu merekatkan “bakso” sekaligus menambah kelembapan sehingga menghasilkan tekstur yang empuk. 

Agar lebih enak, tersedia kuah krim dan kentang tumbuk menyempurnakan hidangan ini. Dijamin Anda bisa menikmati “bakso” tak berkuah ala orang Swedia.

Leave a comment