ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Ini Dia Fungsi ‘Keller’ Ruang Bawah Tanah Rumah di Jerman

Ilustrasi apartemen di München.

Ilustrasi rumah.

Home is where your heart make it. Rumahku Istanaku. Segala cara dibuat agar kita merasa nyaman di rumah. Tiap negara punya ciri khas tersendiri termasuk rumah sebagai tempat tinggal keluarga. Saya pernah menuliskan mengapa rumah-rumah di Jerman punya banyak jendela. Simak di sini

Selain itu saya juga terpesona manakala di rumah di Jerman umumnya punya ruang bawah tanah atau basement. Bagi orang Jerman adalah lumrah memiliki ruang bawah tanah. Di Jerman ruangan ini disebut ‘der Keller.’ Jika anda tinggal di sebuah apartemen pun, juga ada keller yang fungsinya bersama-sama digunakan untuk penghuni lain. Namun jika itu adalah rumah pribadi maka ruang bawah tanah memiliki beberapa fungsi yang dimanfaatkan pemiliknya. 

Apa saja fungsinya?

  • Tempat mencuci baju

Jika anda tinggal di asrama mahasiswa di gedung bertingkat maka ada ruang bawah tanah yang digunakan secara bersama-sama untuk mencuci baju. Di apartemen yang memiliki gedung bertingkat pun diberlakukan sama untuk menempatkan mesin cuci milik bersama. Jadi mesin cuci di asrama ini digunakan dengan menyewa. Masukkan koin 2€ maka mesin pun akan berputar untuk mencuci pakaian anda. Namun bilamana anda study di kota kecil bisa saja hanya 1€ untuk sewa cuci pakaian. Di ruang bawah tanah ini juga tersedia mesin cuci piring milik bersama. Jadi jika malas mencuci piring masukkan koin 1€ maka peralatan makan yang sudah anda bersihkan terlebih dulu segala kotorannya akan kembali bersih seperti semula.

Sedangkan di rumah, mesin cuci biasa ditempatkan di ruang bawah tanah. Mengapa mesin cuci diletakkan di ruang bawah tanah? Karena lebih memudahkan untuk menjangkau instalasi listrik dan air yang memang terletak di bawah. Ini akan dijelaskan pada poin selanjutnya.

  • Tempat menyimpan persediaan makanan

Kebiasaan untuk membeli barang makanan dalam jumlah banyak juga menjadi kebiasaan bagi masyarakat di sini. Apalagi jika sulit buat mereka menemukan supermarket terdekat. Atau misalkan cuaca buruk yang memungkinkan orang tidak bisa keluar rumah maka sudah ada stok persediaan makanan di sini. Di ruang bawah tanah bisa juga ada kulkas atau mesin pendingin makanan untuk menyimpan stok makanan agar lebih awet. Tentunya makanan yang dijadikan persediaan adalah makanan kemasan dan makanan yang sudah dibekukan. 

  • Tempat menyimpan minuman

Meski ada kulkas, namun rasanya menyimpan persediaan minuman di keller sudah membuat rasanya sejuk. Rata-rata orang Jerman senang membeli bir dalam jumlah banyak, begitu pun minuman lain seperti minuman bersoda. Ruang bawah tanah dijadikan tempat untuk menyimpan minuman agar minuman tetap dalam kondisi yang sejuk, tidak rusak dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Oh ya, menyimpan minuman beralkohol di ruang bawah tanah juga baik loh. Bahkan untuk rumah-rumah yang cukup mampu menjadikan keller sebagai ‘Bar Keller’ karena baik untuk menyimpan minuman alkohol.

  • Tempat menyimpan barang-barang yang sudah tidak terpakai

Ada banyak barang yang disesuaikan dengan musim seperti selimut untuk musim panas pasti berbeda dengan musim dingin atau alas kaki yang disesuaikan dengan kondisi cuaca. Barang-barang yang tak terpakai bisa disimpan di ruang bawah tanah. Saat masih di asrama mahasiswa, ruang bawah tanah juga menyimpan perlengkapan seperti selimut, seprei dan sebagainya yang menjadi milik bersama.

  • Tempat pengaturan listrik, air dan instalasi gas

    Jika datang ke Jerman, anda akan melihat betapa instalasi dipasang rapi dan tidak mengganggu ketertiban umum. Di ruang bawah tanah ini pula maka bisa ditemukan pengaturannya sesuai keperluan penghuni. Bisa dibayangkan saat musim dingin tiba, ruang bawah tanah merupakan ruangan paling dingin di rumah karena tidak ada pemanas ruangan. Sedangkan instalasi pemasangan gas ada di ruang bawah tanah. 

    • Tempat untuk sauna

    Tidak semua rumah menjadikan ruang bawah tanah menjadi sauna. Kadang tergantung selera dan kebutuhan pemilik rumah. Namun sauna baik ditempatkan di ruang bawah tanah karena dekat dengan pengaturan instalasi, mungkin loh.

    • Tempat untuk disewakan ke orang lain

    Nah ini mungkin si pemilik rumah punya ruang bawah tanah yang comfortable dan moderen penataannya, bisa jadi ruangan ini pun disewakan. Saya pernah lihat iklan penyewaan ruang bawah tanah ini.

    Dan ketika musim dingin menjadikan banyak orang malas keluar rumah, keller juga dijadikan tempat untuk mengeringkan pakaian. Demikian sekelimut berbagi informasi mengenai pengaturan rumah di Jerman pada umumnya. Apakah anda juga punya ruang bawah tanah di rumah?

    Advertisements

    7 replies »

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

    Connecting to %s

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.