Kue Khas Jerman (1): Bananen Rouladen, Resep buat Rolade Pisang yang Mudah

Bananen rouladen

Buatnya sederhana rasanya istimewa. Tertarik mencobanya? Silahkan coba resep di bawah!

Jerman adalah negeri yang kaya akan kue-kue. Anda pasti akan tergoda mencicipi aneka kue tradisional dan moderen racikan tangan mereka hingga buatan pabrik. Budaya minum kopi dan makan kue sudah menjadi kebiasaan sosial yang saya jumpai di ranah personal seperti keluarga maupun area publik seperti kafe.

Tak heran anda akan menemukan banyak gerai kafe yang berisi aneka kue yang indah di mata dan lezat di lidah. Tetapi saya termasuk pemilih jika berurusan soal kue. Tak semua saya suka karena rasanya yang menurut saya terlalu manis.

Suatu kali ibu mertua datang dan membuatkan kue untuk saya dan suami. Ayah dan ibu mertua datang ke rumah kami sambil membawa bunga mawar yang cantik plus bananen rouladen, kue buatannya sendiri.

Saya suka rasa manis yang dibuat ibu mertua dalam kue ini, benar-benar pas di lidah saya. Sering kali saya datang ke tempat tinggal ayah-ibu mertua, ibu biasa menyajikan kue-kue yang dibelinya kafe. Rupanya karena melihat saya kurang menyukai kue-kue manis dari kafe, ibu mertua pun berinisiatif membuatkan bananen rouladen untuk saya.

Bananen Rouladen ini semacam kue yang istimewa bagi ibu mertua karena pembuatannya yang sederhana. Kue ini hanya terdiri atas pisang dan krim di tengahnya yang kemudian digulung bersama roti. Di Indonesia kue ini mungkin bisa dikatakan kue pisang gulung. Bananen roulade adalah kue tradisional khas Jerman yang bisa dikreasikan sendiri dengan menambahkan keju di tengah gulungan.

Berikut saya bagikan resep yang mungkin bisa anda coba:

Bahan yang diperlukan:

  1. 90 Gram gula pasir
  2. 3 Kuning telur.
  3. 2 Sendok makan air panas.
  4. 1 lemon yang kemudian diparut bersama kulitnya.
  5. 1 sendok makan jus lemon.
  6. 3 telur yang diambil putihnya saja.
  7. Garam secukupnya
  8. 1 sendok makan gula
  9. 70 g tepung
  10. Krim kue
  11. 200 g pisang
  12. 1 Sendok makan gula bubuk

Cara membuat:

  1. Campur 90 g gula pasir, 3 kuning telur, 2 sendok makan air panas dalam wadah. Aduk hingga adonan lebih ringan dan lembut. Masukkan 1 lemon yang sudah diparut bersama kulitnya dan 1 sendok makan jus lemon konsentrat. Kemudian aduk kembali.
  2. Tambahkan 3 putih telur dan beri garam sedikit saja. Tambahkan juga 1 sendok makan gula pasir. Kocok hingga terlihat kaku dan putih.
  3. Tambahkan 70 gram tepung secara perlahan ke dalam adonoan nomor 2. Aduk perlahan dengan menggunakan adukan kue yang terbuat dari karet hingga tercampur baik.
  4. Masukkan adonan ke dalam loyang. Panggang adonan roti dalam oven sekitar 5 menit  dengan panas 240 derajat. Setelah selesai, dinginkan sementara.
  5. Siapkan roti yang sudah dingin. Olesi sisi atas dengan krim kue menyeluruh.
  6. Setelah terolesi, beri pisang di atas roti.
  7. Kemudian gulung roti secara hati-hati dan beri taburan gula bubuk agar terlihat manis. Pertahankan beberapa lama agar bentuknya awet.
  8. Sajikan dengan mengiris kue menjadi gulungan yang cantik.

Saran saya:

  • Anda bisa kreasikan roti gulung menjadi warna pandan atau warna coklat sesuai selera anda.
  • Untuk kebutuhan gula, silahkan sesuaikan dengan rasa yang dikehendaki.
  • Atau di pinggir roti bisa ditaburi coklat messes yang terlihat cantik. Semua sesuai dengan selera dan kreasi anda.

Silahkan menikmati kue bersama secangkir kopi! Siapa tahu anda bisa memanfaatkannya menjadi momen istimewa dalam keluarga.

Selamat mencoba!

5 thoughts on “Kue Khas Jerman (1): Bananen Rouladen, Resep buat Rolade Pisang yang Mudah

Leave a comment