OPINION

Apa Pentingnya Musik Latarbelakang Sih?

Jika anda berada di lobby hotel berbintang dan eksklusif, sayup-sayup telinga anda tentu mendengar musik instrumen. Pengalaman lain, saat anda sedang makan di suatu restoran tertentu, bisa jadi telinga anda mendengarkan musik instrumen. Atau, saat anda berbelanja di gerai pusat perbelanjaan maka anda bisa juga mendengarkan alunan musik. Semua musik di tiga tempat itu mungkin bukan musik keras, nyaring atau mengganggu sehingga musik demikian yang saya maksud adalah background music.

Pernahkah anda menyimak mengapa perlu diperdengarkan musik latarbelakang? Atau apa sih fungsi dan pentingnya musik demikian dalam kehidupan?

Percaya atau tidak, musik latar belakang ditempatkan di restoran agar tamu bisa menikmati sajian dan suasana dengan baik. Di supermarket rupanya membantu pengunjung memilih barang yang dibeli serta membuat pengunjung betah berlama-lama di situ. Itu mungkin yang jadi alasan ditempatkannya musik latar belakang di supermarket.

Namun mengapa musik latarbelakang tidak pernah dipasang di sekolah?

Sebuah studi menunjukkan bahwa musik latarbelakang tidak tepat dipasang di sekolah. Hal ini disebabkan membuat performa siswa menurun. Itu sebab tak baik memasang musik latarbelakang di lembaga pendidikan.

Berbeda dengan penempatan musik latarbelakang di kantor, justru dapat memicu dan meningkatkan produktivitas karyawannya. Namun musik latarbelakang yang dipilih di lingkungan kerja berdasarkan studi ini adalah musik instrumen tanpa lirik. Pasalnya musik dengan lirik cenderung mengurangi atensi dan kinerja karyawan.

Lalu apa pentingnya sih musik latar belakang? Bahkan musik latar belakang juga kerap dijumpai di film-film.

Musik latarbelakang tidak sekedar asal pilih, tentu disesuaikan dengan situasi tempat misalnya. Musik yang dipilih di supermarket atau pusat perbelanjaan tentu punya tempo yang relevan dengan suasana emosional pembeli. Pembeli bisa betah berlama-lama mencari barang yang ingin dibeli. Begitu pun musik latarbelakang di film bermakna untuk mendukung situasi film yang dilihat penonton.

So, ini menjadi menarik diulas manakala saya sedang berkunjung ke dua dokter gigi yang berbeda. Dokter gigi pertama menayangkan musik instrumen bahkan beliau menawarkan musik apa yang saya sukai dari daftar judul penyanyi yang dipunyai. Sementara gigi saya mengalami perawatan, saya benar-benar merasa rileks dan tidak menyadari rasa sakit.

Di lain dokter gigi, saya mengalami hal berbeda. Saya mendengarkan siaran radio selama pemeriksaan gigi. Sepertinya ini bukan ide yang baik. Tahu sendiri ‘kan radio? Ada berita atau terkadang ada musik yang punya beat keras dan tempo cepat. Itu membuat saya tidak nyaman dengan pemeriksaan gigi yang dilakukan dokter kedua.

Dari kedua kejadian di praktek dokter gigi, saya hanya menyarankan betapa besar pengaruh musik latarbelakang dalam menciptakan suasana emosional pendengarnya.

Anda sendiri bagaimana?

Advertisements

Categories: OPINION, PSYCHOLOGY

Tagged as: , ,

3 replies »

  1. Sy msh penasaran dg alasan knp musik latarbelakang tdk dipasang d skolah, yg ktanya mmbuat performa siswa menurun itu, gmn pnjlsannya.

    Tp yah, lain tmpat dan situasi trnyta beda jg musik yg hrs dialunkan agar mempengaruhi pendengar.

    Liked by 2 people

    • Background music memang kurang tepat di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan, dipasangnya background musik membuat distraksi, konsentrasi menurun terutama untuk saat siswa harus mendengarkan penjelasan guru dan membutuhkan konsenstrasi penuh. Lalu pertimbangan selanjutnya adalah gaya belajar. Ketika musik background dimainkan, ada anak yang mungkin butuh keheningan untuk belajar.

      Background musik lain soal bila seorang siswa memilih lagu tertentu untuk belajar karena hanya diri sendiri yang menikmati.

      Memang untuk keperluan pendidikan, diperlukan keahlian seperti Psikolog Musik yang paham tempo, irama dan ketentuan lainnya agar sesuai untuk kepentingan pendidikan.

      Demikian Pak Desfortin. Selamat bermalam minggu bersama keluarga!

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.