ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Begini Sarapan Pagi yang Jadi Kebiasaan di Jerman

Sarapan pagi saya sebagai contoh ilustrasi.

Beberapa waktu lalu saya mendapat pertanyaan via email blog, bagaimana sarapan pagi yang jadi tradisi dan kebiasaan masyarakat Jerman umumnya? Saya pikir ini bisa menjadi artikel menarik untuk diulas ketimbang menjawabnya via email.

Bagaimana pun sarapan pagi itu penting dan utama sebelum beraktivitas. Saya sudah kerap membahas tentang manfaat sarapan pagi sebelumnya. Silahkan anda cari di blog ini! Pastinya, sarapan pagi tidak hanya memberi energi mengawali aktivitas rutin namun juga menjadi sumber konsentrasi dan kreativitas. Anda pasti bisa membayangkan jika kita melewati sarapan pagi. Itu menjadi alasan bahwa sarapan pagi itu perlu.

Ada yang berpendapat bahwa sarapan pagi itu menyita waktu. Padahal itu semua tergantung bagaimana anda mengelola waktu dengan baik. Saya pernah mengulas masakan bergizi untuk sarapan pagi yang punya durasi kurang dari sepuluh menit untuk menyiapkannya. Intinya anda tetap harus menikmati sarapan pagi dan menganggapnya anda adalah seorang raja atau roti. Jika anda berlaku begitu, dijamin anda akan punya produktivitas yang optimal.

Sarapan pagi yang saya lakukan terbilang praktis. Ini berbeda sewaktu saya masih tinggal di Indonesia dimana saya tidak pernah menyiapkan sarapan pagi sebelumnya. Sedangkan sarapan pagi di sini, saya terbiasa mandiri dan dibantu suami menyiapkan sarapan pagi ala Jerman.

Orang Jerman terbiasa memulai sarapan pagi sesuai kebiasaan yakni roti yang masih fresh, kalt essen, butter, mentega, keju dan selai. Kalt essen adalah makanan ready to eat seperti sosis, ham, schinken, salami dan aneka makanan daging dingin lainnya yang siap disantap. Ada juga telur mulai dari telur rebus, telur mata sapi hingga telur orak arik. Kadang disertai salad dan daun-daun segar seperti timun, tomat, paprika dan sebagainya.

Untuk minuman saat sarapan pagi kembali ke selera masing-masing. Kami berdua minum kopi. Kadang saya menyiapkan kaffesahne agar kopi saya tidak terlalu kuat. Saya juga meminum air putih hangat dan lemon. Kami juga menikmati segelas jus jeruk di akhir sarapan.

Untuk buah saat sarapan pagi, kami biasanya hanya makan pisang saja. Karena pisang adalah buah favorit kami berdua.

Bagaimana sarapan pagi anda?

Advertisements

9 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.