Masak sosisnya dengan cara dipanggang.
Currywurst adalah makanan populer di Jerman.

Makanan kreasi selanjutnya adalah dari negeri yang sekarang saya tempati, Jerman. Negeri kaya sosis dan roti ini memiliki aneka masakan yang simpel dan tak banyak bumbu. Tentu saya pun akhirnya belajar bagaimana menyiapkan kedua kuliner di atas dengan dibantu suami. Padahal dua makanan berikut sering sekali saya pesan di restoran, kini saya tahu bagaimana mudahnya menyiapkan ini semua.

Currywurst adalah makanan populer di Jerman yang mudah dipesan dari harga murah yang bisa dibeli di supermarket hingga harga mahal dipesan di restoran ekslusif. Itu semua sah saja, tergantung selera dan anggaran anda. Pesanan saya currywurst, salah satunya dicek di link yang ditautkan.

Begitu pun dengan Bratwurst, yang juga menjadi makanan populer bila berkunjung ke Nuremberg. Saya pun tak melewatkan bratwurst panggang saat berada di Nuremberg tempo lalu. Pesanan bratwurst saya saat di Nuremberg bisa dicek di link yang ditautkan.

Kini lanjut dengan membuatnya di rumah.

Currywurst

Makan currywurst itu pakai kentang goreng.

Tidak semua sosis bisa dijadikan currywurst. Pertama, pilih sosis yang disebut Bockwurst di supermarket di sini. Sosis ini memang bentuk dan rasanya berbeda. Untuk membuat currywurst, sosis bockwurst bisa digoreng atau dipanggang. Saya lebih memilih memanggangnya agar taste sosis tidak terlalu berminyak. Lagi-lagi itu soal selera pilihan. Setelah sosis dimasak, tinggal saya menyiapkan kentang goreng dan saus currywurst.

Bumbu currywurst itu hanya terdiri saus tomat dan bubuk kari. Panaskan saus tomat hingga matang. Ketika sosis dan kentang goreng matang, siram saus tomat ke atas sosis. Beri bubuk kari yang biasanya sudah tersedia di supermarket. Kini currywurst sudah siap disantap.

Bratwurst dari Nuremberg

Makan bratwurst dari Nuremberg ini biasanya sama sauerkraut, acar kol.

Makanan kedua pun mudah, hanya saja anda perlu perhatikan sosis untuk dibeli di supermarket. Sosis ini diklaim sebagai bratwurst yang sudah ada lama di Nuremberg sejak abad 14. Resep lama dan tertulis ditemukan di Nuremberg dan diklaim lezat bagi pecinta sosis hingga sekarang. Cara menikmati bratwurst memang dipanggang dan dimakan bersama sauerkraut.

Seperti yang anda lihat, saya memanggang bratwurst hingga matang. Sedangkan sauerkraut adalah semacam acar kol yang difermentasi. Sauerkraut itu seperti kimchi di Korea Selatan. Rasa asam sauerkraut memang melengkapi rasa bratwurst yang dipanggang.

Semoga bermanfaat!