Classic Christmas Panettone, Kue Bolu dari Italia Jelang Natal

Semacam kue muffin, dengan kue ukuran kecil dan ada pula ukuran besar.
Kue panettone rasa cokelat dengan isian dalam seperti ini.

Di Minggu Advent kedua, saya akan bercerita kue-kue enak dari benua biru, Eropa yang mungkin menarik minat anda. Pertama saya bercerita kue Panettone dari Italia, yang biasanya dinikmati saat menjelang Natal tiba. Sebagaimana anda tahu bahwa hari raya Natal tinggal dalam hitungan minggu bagi umat kristiani di seluruh dunia. Kue asal Italia ini adalah salah satu sajian yang dulu biasa disajikan saat Natal tiba. Namun seiring berjalannya waktu, kue ini juga bisa dinikmati kapan saja sesuai selera penggemarnya.

Kemudian saya juga akan membagikan pada anda kue asal Jerman yakni kue Nuss-Schnitten yang terbuat dari kacang walnut. Kue asal Jerman memang selalu menggoda selera saya untuk dicicipi dan diceritakan pada anda.

Kue ketiga, saya akan membagikan kue yang juga menarik anda yang berasal dari Swedia. Kue rasa cokelat dan berbalut kelapa ini bernama Chokoladbol kokos. Kue ini berhasil memikat saya dan saya bawa pulang sebagai tanda mata karena saya suka rasanya.

Baik, kita mulai dari kue pertama yang berasal dari Italia. Kue panettone tepatnya berasal dari kota mode Milan di Italia. Kue klasik ini bisa diisi sesuai selera penggemarnya. Saya tidak membuatnya, melainkan saya membelinya di supermarket. Kue yang saya beli seperti kue muffin. Ada bola-bola cokelat di dalam kue. Kue ini ada yang berukuran besar dan kecil. Karena saya begitu sibuk saat ini, saya cukup membeli saja dulu. Lain kali saya akan praktik membuatnya.

Panettone dengan segelas cangkir kopi di musim dingin.

Kue ini memang terasa manis yang bisa diisi bola-bola cokelat, kismis, buah kering atau kacang. Saya bisa mengatakan kue ini seperti roti manis karena pembuatannya memakai ragi juga. Kue ini pastinya lezat seperti cerita saya soal kuliner di Italia. Anda pasti tidak kecewa jika mencicipi kue dari Italia ini.

Baca: Daftar kuliner yang wajib dicoba di Italia

Menjelang Natal, kue panettone memenuhi rak-rak supermarket di Jerman yang kebanyakan warganya merayakan hari raya Natal. Kue ini biasanya dinikmati sebagai cemilan sore hari bersama teh atau kopi untuk menemani musim dingin di bulan Desember.

Kue panettone yang saya ceritakan berasal dari Italia, tetapi kue ini juga ada di Amerika Latin. Beberapa kenalan yang tinggal di Jerman berpendapat bahwa kue ini begitu populer di sana menjelang Natal. Kue ini disebut sebagai ‘Paneton’ dengan huruf yang sedikit berbeda, tetapi rasa dan isian yang sama.

Contoh di Peru yang juga mayoritas warganya merayakan Natal menjadikan kue ini sebagai sajian wajib. Kue atau roti manis ini merupakan panganan tradisional yang dibuat keluarga di Peru. Bagi warga Peru, roti manis ini disebut sajian tradisional di saat Natal atau Peru’s Traditional Christmas Dessert.

Nah, apakah anda tertarik mencobanya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.