Praha, Ceko (22): Patung Il Commendatore Karya Anna Chromy

Kiri: Pieta di Salzburg. Kanan: Il Commendatore di Praha.

Mendekati pekan suci mulai hari Minggu besok sekaligus melanjutkan kunjungan ke Praha, saya menemukan keterkaitan dari sebuah karya seni yang saling berkaitan dan pernah dibahas di sini sebelumnya, saat saya berkunjung ke Salzburg. Baik Salzburg maupun Praha, keduanya bukan kali pertama saya mengunjunginya karena begitu dekat.

Saat saya di Salzburg, saya mengeksplorasikan pusat kota dan menemukan patung Pieta yang berbeda dari patung Pieta yang selama ini dikunjungi. Jadilah satu artikel yang saya posting tentang patung tersebut.

Baca: Patung “Pieta” di Salzburg yang Berbeda

Rupanya patung tersebut yang berada di Salzburg dibuat oleh Anna Chromy, seorang Seniman yang wafat tahun 2021 lalu. Dia adalah seniman Ceko-Jerman yang terkenal dengan karya-karya seninya yang sudah mendunia.

Salah satunya karya Pieta yang ditampilkan di Salzburg, tepatnya diletakkan di Gedung Konser Grosses Festspielhaus. Justru karya ini tidak diletakkan di Praha, karena inspirasinya berada dari opera karya Mozart, yang lahir di Salzburg.

Nah, saat saya menyambangi Praha baru-baru ini, saya tidak menduga bahwa saya menemukan patung Pieta kembali. Di Praha, karya yang mirip ini disebut “Il Commendatore”.

Baca: Tempat Kunjungan Wisata yang Pertama

Ini adalah karya seni monumental yang diciptakan oleh Anna Chromy. Anna terinspirasi oleh tokoh yang sama dari opera “Don Giovanni” karya Wolfgang Amadeus Mozart. Tokoh “Il Commendatore” adalah sosok misterius yang menggambarkan kematian dan keabadian.

Dalam opera, ia adalah ayah dari Donna Anna yang meninggal dunia dan muncul kembali sebagai sosok misterius untuk memperingatkan Don Giovanni tentang nasib buruknya yang akan datang.

Karya Anna Chromy ini menggambarkan figur “Il Commendatore” sebagai sosok yang tegak dan anggun, dengan tubuh yang terbungkus dalam jubah dan wajah yang misterius. Patung ini memiliki aura yang menakutkan dan mempesona, menciptakan perasaan kagum dan ketakutan pada mereka yang melihatnya.

Baca: Infant of Jesus in Prague yang Populer

“Il Commendatore” oleh Anna Chromy adalah karya seni yang mengesankan dan monumental, yang menghadirkan kehadiran yang kuat dan memikat.

Meskipun terletak di Salzburg, Austria, dan kini tersedia juga di Praha, Ceko, patung ini telah menjadi salah satu daya tarik utama sebagai warisan seni dan budaya kota.

Leave a comment