Kenali Macam-Macam Manfaat Teh

Apakah anda suka meminum teh? Jika ya, silahkan lanjut dengan artikel berikut!

Suatu kali, saya menginap di hotel di Jerman dan mendapatkan sarapan pagi. Karena merasa tak sehat, saya berpikir untuk menikmati secangkir teh. Saat pramusaji hotel menawari kopi, saya minta teh. Dia mengatakan bahwa teh bisa diracik sendiri dan menunjuk lokasi tersedianya teh.

Ada aneka macam teh yang membuat saya bingung. Ini bukan seperti teabag yang mudah untuk segera diminum. Namun ada berbagai toples yang berisi teh herbal dengan tulisan berbahasa Jerman. Lalu di situ tersedia, pot teh yang didalamnya tersedia penyaring teh dan air panas untuk menyeduh teh. Saya pilih teh chamomile dan menyeduhnya dengan air panas.

Saya menikmati teh tersebut yang ternyata membuat tubuh saya nyaman sejenak. Usai check out dari hotel, sepanjang perjalanan pulang ke rumah selama beberapa jam lamanya saya tertidur pulas. Ini tak pernah terjadi kala suami saya menyetir mobil, saya biasanya ngobrol atau mengambil gambar sekitar. Setiba di rumah, saya pun tidur pulas lagi dan tidak ada niat untuk melakukan segala aktivitas.

Keesokan harinya, saya mengecek informasi tentang teh yang saya konsumsi. Rupanya tidur pulas disebabkan minum teh chamomile yang saya nikmati kemarin. Luar biasa! Teh tersebut membantu saya membayar waktu tidur yang terbuang.

Mengacu pada pengalaman saya di atas, berikut khasiat dan manfaat teh yang perlu anda ketahui.

(1). Teh dengan rasa jahe

 

wp-image-1481998339
Teh rasa jahe pertama kali saya meminumnya. 

 

Saya pernah menuliskan pengalaman minum teh rasa jahe untuk menghilangkan rasa mual usai melakukan perjalanan jauh. Menurut saya, apa yang saya alami ini semacam masuk angin. Lalu si pramusaji di kafe menawarkan saya untuk mencoba minum teh rasa jahe. Puji Tuhan, kondisi tubuh saya membaik! Ada lima manfaat minum teh rasa jahe seperti yang pernah saya tulis sebelumnya di sini. Jika anda merasa mual, badan merasa dingin dan perut tak nyaman setelah melakukan perjalanan jauh, coba minum teh rasa jahe ini. Dijamin tubuh anda akan kembali segar! Khasiat jahe dalam teh ternyata membantu tubuh untuk mengatasi berbagai keluhan di atas berdasarkan hasil penelitian.

Baca https://liwunfamily.com/2017/10/17/5-manfaat-teh-rasa-jahe/

(2). Teh dengan rasa jahe dan jeruk

Milik sendiri.

Teh ini sebenarnya bisa dibuat dengan mudah asalkan anda punya kedua bahan tersebut yakni jahe dan jeruk beserta teh tubruk biasa. Namun sebenarnya, di Jerman ada kemasan teabag yang mudah. Teh rasa jeruk dan jahe bermanfaat sebagai imunitas tubuh agar tidak terserang flu kala musim dingin dan bersalju seperti sekarang. Kandungan vitamin C dalam jeruk menguatkan stamina tubuh. Sedangkan jahe mampu menetralisir radikal bebas untuk daya tahan tubuh. Ketimbang langsung meminum obat, bagaimana jika meminum secangkir teh jenis ini bila flu menyerang?

(3). Teh chammomile

Salah satu manfaat dari teh ini adalah membuat tidur lebih pulas. Seperti cerita saya di atas, setelah mengalami kurang tidur karena berada di luar kota maka saya pun mengkonsumsi teh ini dan khasiatnya luar biasa. Saya mampu membayar waktu tidur saya. Namun tak hanya itu saja manfaat teh chammomile ini, bagi perempuan yang mengalami masalah perut saat menstruasi maka teh ini benar-benar sempurna meringankannya.

Beberapa manfaat lain bila minum teh chammomile adalah memberikan efek menenangkan terutama bila sakit perut atau tak bisa tidur. Teh ini juga membuat kulit menjadi sehat dan cantik karena mengandung anti septik, anti oksidan hingga antiinflamasi bila ada luka pada kulit.

(4). Teh rasa mint

Teh rasa mint di kafe.

Siapa sangka ada teh rasa mint juga? Saya menikmatinya bila tubuh ingin merasa rileks sejenak karena rutinitas yang dilakukan. Selain relaksasi, kandungan mint dalam teh juga bermanfaat untuk menenangkan sehingga bisa tertidur pulas. Mint juga dipercaya membantu mengatasi masalah perut seperti merasa kembung, mual atau tidak bisa buang gas.

(5). Teh rasa jintan hitam

Ada teh rasa jintan hitam yang saya temukan di sini. Jintan hitam termasuk jenis rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu dapur dan campuran masakan. Teh rasa ini dipercaya sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Bagi mereka yang baru saja mengalami sakit atau sedang melakukan pemulihan, teh ini bermanfaat sebagai nutrisi tubuh dan suplemen gizi bagi tubuh.

(6). Teh hijau

Teh hijau dipercaya mengandung antioksidan yang bagus untuk kulit dan kesehatan tubuh. Sebagian orang percaya meminum teh ini bisa untuk mengurangi bobot tubuh. Kandungan teh hijau juga membantu menurunkan kadar kolesterol. Itu sebab beberapa orang meminum teh hijau usai makan besar yang mengandung kolesterol jahat. Selain baik untuk kulit dan tubuh tentunya, teh hijau membantu pengobatan dan pencegahan terhadap penyakit yang berhubungan dengan fungsi otak. 

(7). Teh herbal

Teh herbal ini banyak ditemukan dan dikonsumsi masyarakat Tiongkok. Namanya teh herbal, tentu berasal dari berbagai tumbuh-tumbuhan yang pastinya aman untuk dikonsumsi. Meminum teh herbal secara teratur konon dapat membuat efek toksik yang menurunkan bobot tubuh. Teh ini belum pernah saya coba karena merasa tidak butuh diet. Namun konsumsi teh ini tidak boleh berlebihan karena bisa mengganggu fungsi ginjal dalam tubuh. 

Kesimpulan

Di atas adalah jenis rasa teh yang saya coba dan temukan di Jerman. Tentu setiap teh memiliki khasiatnya tersendiri. Setidaknya minum teh bukan sekedar pelengkap makanan saja, namun minum teh yang rutin dipercaya berkhasiat bagi kesehatan tubuh juga. 

Semoga uraian di atas bisa membantu!

 

 

 

10 thoughts on “Kenali Macam-Macam Manfaat Teh

  1. Informatif skli. Tks.
    Teh chamomile pas nya buat mreka yg kurang tidur aja, bhaya klau di minum pas jam kerja, 😁

    Sy malah pnasaran dg teh hijau itu, aplg klau menyadari bobot sy skrg, 😂

    Liked by 1 person

    1. Hey,

      I didn’t find this tea in Indonesian, my origin country but in Germany you can find a lof of varians tea, including black jinten. The flavour is not so tasty but good for health😁

      Liked by 1 person

Leave a comment