Selamat Paskah bagi anda yang merayakannya!

Artikel berikut bercerita tentang ciri yang menjadi kebiasaan umum dijumpai di Jerman. Mayoritas masyarakat di sini merayakan paskah. Sebagaimana yang terjadi di Indonesia, hari Jumat Agung atau Karfreitag dijadikan hari libur nasional. Artinya tidak ada aktivitas yang buka.

Tidak hanya hari Jumat saja, Pemerintah juga membuat libur pada hari Senin setelah Minggu Paskah (Ostersonntag). Hari libur itu disebut Ostermontag.

Berikut adalah pengamatan saya menjadikan kebiasaan umum merayakan Paskah di sini.

1. Libur sekolah dua minggu. 

Libur kegiatan pembelajaran sekolah dan perkuliahan sudah terjadi selama dua minggu. Sejak memasuki pekan suci hingga satu minggu setelah paskah, di sini tidak ada aktivitas sekolah dan pembelajaran. Libur ini menjadikan ajang bagi orangtua untuk merayakan kebersamaan bersama anak-anak mereka.

2. Hiasan dekorasi di rumah bertema Paskah. 

Sejak memasuki masa prapaskah, berbagai toko dan supermarket menjual dekorasi rumahan khas Paskah. Dekorasi ini bertujuan untuk mempercantik suasana di rumah. Mulai dari berbagai pajangan yang diletakkan di ruang tamu, dekorasi ruang makan hingga dekorasi luar rumah yang ditempatkan di pintu masuk atau taman. Semua bisa anda beli sesuai dengan kocek dan kebutuhan anda.

3. Penjualan cokelat, manisan dan telur paskah.

Seperti Natal, supermarket dan industri bisnis tidak lepas dari cokelat yang bertemakan paskah. Figur seperti telur atau kelinci menjadi hal umum dibuat menjadi cokelat paskah. Saya juga mendapati cokelat paskah dari kolega di sini. Bagi anak-anak, mereka biasanya mendapatkan aneka manisan istimewa khas paskah.

4. Kemeriahan untuk anak-anak. 

Paskah juga menjadi sukacita bagi anak-anak dengan membuat keistimewaan tersendiri. Bagi orangtua yang memiliki banyak anak seperti teman saya yang memiliki empat anak, dia menyelenggarakan lomba cari telur paskah di seisi rumah. Perlombaan semacam itu juga digelar di beberapa tempat lainnya. Belum lagi pusat perbelanjaan juga menggelar kemeriahan paskah bersama anak-anak, dengan mengundang tokoh kartun atau figur berkostum kelinci yang membagikan cokelat.

5. Libur di hari Senin Pertama setelah Paskah. 

Jumat Agung, atau yang disebut Karfreitag dijadikan hari libur di Jerman, sama seperti di Indonesia. Lalu hari Sabtu tidak libur, namun ini dijadikan kesempatan orang untuk berbelanja. Hari Minggu memang semua toko di Jerman tutup namun hari Senin pertama setelah Paskah, dijadikan hari libur. Senin pertama setelah Paskah disebut Ostermontag. Gereja Katolik merayakan misa sebagaimana layaknya perayaan Ekaristi di hari Minggu.

Selain kelima hal di atas, banyak keluarga merayakan makan bersama dan saling memberikan hadiah. Meski pemberian hadiah hanya berupa cokelat atau barang istimewa lainnya, terutama anak-anak. Tak hanya itu, Gereja pun dipadati umat yang biasanya tidak penuh.

Begitulah sekedar mengamati situasi sekitar di sini. Bagaimana kemeriahan paskah di lokasi anda tinggal?