TRAVELING

Linz, Austria (2): Neuer Dom, Gereja Terbesar di Austria

Neuer Dom Linz. Begitu besarnya hingga kamera saya tidak cukup mendokumentasikan keseluruhannya.

Pintu masuk.

Salah satu menara gereja.

Bergaya arsitektur neo-gothic.

Sudut gereja untuk berdoa.

Bilik pengakuan dosa.

Salah satu sisi di ruang gereja tertulis demikian.

Kiri adalah organ gereja dan kanan adalah salah satu jendelanya yang dibuat menganggumkan.

Apa kabar anda di hari Minggu? Saya ajak anda berkunjung ke gereja katedral di Linz, Austria. Katedral ini juga dikenal Mariendom dalam bahasa Jerman atau dalam bahasa Indonesia menjadi katedral Santa Maria Tak Bernoda. Namun banyak pula yang menyebutnya Neuer Dom. Perkiraan saya mengapa disebut demikian, bisa jadi gereja dibangun awal abad 20. Umumnya katedral atau dom di Jerman dan Austria dibangun sebelum abad 20.

Kami tiba saat musim dingin di gereja ini. Untuk memarkirkan mobil, ada beberapa lokasi. Udara dingin di luar sungguh tak tertahankan. Namun pesona menara gereja dari kejauhan menuntun kami menuju ke gereja. Ya, menara gereja ini memang tinggi. Namun penelusuran informasi mengatakan bahwa menara di Neuer Dom Linz bukanlah yang tertinggi.

Omong-omong soal menara gereja, kita juga bisa loh ke puncak menara seperti Dom Santo Stephan di Wina, Austria. Pengalaman saya menuju ke menara dom, yakni saat saya dan suami berada di Dom Köln yang sangat tinggi, bisa dicek di link ini. Untuk menuju ke puncak, kami perlu naik tangga biasa dan cukup melelahkan pastinya. Pengalaman menuju puncak menara Neuer Dom di Linz tidak kami lakukan. Saya berpikir udara dinginnya membuat saya hanya ingin diam dalam ruangan saja. Meski pilihan ini layak untuk melihat panorama kota Linz yang dilalui sungai donau dan rhein. Akhirnya saya pun memasuki dalam gereja Neuer Dom.

Sebagai katedral yang dibangun baru abad 20 tentu masih terlihat kokoh dan sempurna. Tak salah jika gereja ini dijuluki gereja terbesar di Austria. Katanya sih, gereja ini mampu menampung umat hingga 20.000 orang. Sumber informasi wisata di Linz mengatakan ini adalah katedral terbesar di Austria. Bahkan tinggi salib di menara gereja sedikit lebih tinggi dibandingkan Dom St. Stephan di kota Wina.

Banyak orang senang berkunjung ke sini, kata penduduk Linz. Pasalnya gereja menawarkan kedamaian dan ketenangan batin. Suasana dalam gereja memang tenang dan sunyi. Tak ada misa atau ibadah saat saya datang. Tampak beberapa orang memang sedang khusuk berdoa. Sebagian lagi seperti saya, mengamati tiap sisi gereja yang luas dan ada sudut-sudut yang menceritakan pengalaman iman dari tokoh-tokoh orang Austria.

Untuk menyelami bagian tiap bagian gereja, rasanya anda perlu waktu lama. Halaman gereja sendiri sering dijadikan pergeleran acara spesial Linz. Jika anda beruntung hadir saat misa di hari Minggu, mungkin anda akan menyaksikan paduan suara yang dibawakan organ gereja yang megah. Kemegahan gereja ini juga didukung oleh tiap jendela yang berhias dan mengagumkan.

Have a blessed Sunday!

Advertisements

Categories: TRAVELING

Tagged as:

3 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.