Pho Ga, Mie Ayam Bakso ala Vietnam: Makanan Khas Asia (51)

Masih seputar kuliner yang berasal dari Vietnam, kali saya perkenalkan kepada anda bagi pecinta mie ayam. Seperti biasa saya mendapati menu ini saat berada restoran yang mengklaim spesialis menu makanan Vietnam di suatu pusat perbelanjaan. Karena saya ingin sesuatu yang hangat seperti sup, maka saya memesan Pho Ga.

Jika anda suka makan mie ayam bakso maka anda perlu menyimak ulasan saya berikut.

Seperti yang anda tahu, mie Pho itu sudah mendunia sebagai kuliner Vietnam. Saat berkunjung ke Vietnam sendiri, saya pernah datang ke restoran mie Pho legendaris yang pernah dikunjungi salah satu mantan Presiden Amerika Serikat. Cerita saya ada di sini. Sedangkan aneka mie Pho lainnya yang sudah kerap saya coba, sudah saya ulas di link ini.

Jika mie Pho yang sering saya ulas adalah mie berkuah dengan kaldu dan irisan daging sapi, maka Pho Ga memiliki citarasa berbeda. Pho ini ibarat hamburger di Amerika, Pizza di Italia dan Schnitzel di Jerman. Ini adalah makanan wajib dicicipi saat anda berada di Vietnam. Bahkan saat saya berada di Vietnam, mie Pho itu bisa dijadikan sarapan pagi, makan siang hingga makan malam.

Lalu apa bedanya Pho Ga?

Pho Ga berisi kaldu ayam dan suwiran daging ayam ada dalam semangkuk Pho Ga yang saya pesan beberapa waktu lalu. Jika saya membayangkan kuliner ini dengan makanan nusantara maka saya jadi ingat Pho Ga itu ibarat mie ayam bakso. Saya suka sekali menikmati ayam bakso di kantin sekolah dulu. Bahkan mie ayam bakso menjadi makanan populer untuk kalangan pelajar dan mahasiswa di jaman saya saat itu.

Pho Ga itu seperti mie Pho pada umumnya. Ada tauge, suwiran daging fillet ayam yang sudah digoreng, irisan daun ketumbar dan ditambah mie lebar khas Vietnam tentunya. Namun mata saya terbelalak mana kala saya mendapati ada bakso yakni bola-bola daging yang jarang dijual di Jerman. Saya saja sampai membuat bakso sendiri di rumah karena saya begitu menginginkannya.

Pho Ga ini berkuah banyak dalam mangkuk besar. Porsinya cukup banyak sehingga anda tak perlu khawatir kelaparan. Dalam foto menu, Pho Ga digambarkan dengan dua pentol bakso. Mungkin saya datang menjelang malam sehingga baksonya menjadi berkurang satu. Untuk menguatkan rasanya, anda bisa menambahkan saus pedas, cuka pedas dan kecap yang tersedia di tiap meja.

Makan Pho Ga ini ibarat mengobati rasa rindu makan mie ayam bakso Pak Gondrong jaman saya masih bersekolah dulu. Begitulah pengalaman saya yang mungkin bisa anda coba menikmati mie ayam bakso dari negeri tetangga Asia Tenggara.

Apakah anda tertarik mencoba Pho Ga?

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

3 thoughts on “Pho Ga, Mie Ayam Bakso ala Vietnam: Makanan Khas Asia (51)”

  1. Ya mbak. Kalau saya pertama kalinya ke Thailand. Kuliner yg paling saya sukai di sana adalah tomyam. Cuman saya gk sempat menuliskan pengalamannya waktu itum belum bikin blog. 😅

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.