3 Sup yang Hangat di Musim Dingin

Musim dingin sudah melanda wilayah tempat tinggal saya saat ini. Kita mulai bersiap dengan berbagai kebutuhan pokok makanan yang memang disesuaikan dengan musim. Salah satunya adalah aneka sup yang dipercaya dapat menghangatkan tubuh.

Sup hangat ini bisa dibuat di rumah sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan sendiri. Kita bisa atur kadar garam pada Leberknödelsuppe dari Jerman atau mengatur isian sup tom yum dari Thailand. Pastikan itu menjadi bagian yang menyenangkan dan menyehatkan di rumah Anda.

1. Gebackene Leberknödelsuppe (Jerman)

Makanan khas Jerman yang akan saya masak bernama Leberknödelsuppe. Selain di Jerman, makanan ini juga mudah ditemui di restoran Austria juga. Makanan ini seperti bola-bola bakso dan sangat pas dimakan saat musim dingin yang sudah happening di Jerman.

Saya sendiri sudah pernah mempraktikannya di rumah sebagaimana yang ditulis di sini. Jika Anda tak ingin repot, Anda bisa membelinya di supermarket bola-bola daging tersebut dan hanya menghangatkan sebentar di rumah. Sesuaikan juga rasa supnya dengan kebutuhan Anda.

2. Tom Yum (Thailand)

Tom yum asal Thailand ini tak asing lagi di Indonesia. Tom yum ada isian isian potongan daging ikan atau hanya sayuran saja berisi aneka jamur misalnya. Namun saya tetap suka makan tom yum dengan pilihan ragam makanan laut. Kekuatan tom yum ada pada bumbunya yang bisa dibeli dalam kemasan kaldu tom yum. Bumbu tersebut seperti serai, lengkuas, daun jeruk purut dan asam khas Thailand. Dijamin anda memerlukan porsi nasi berlebihan untuk menyantapnya.

Jika Anda malas membuat bumbunya, di supermarket di mana saja tersedia bumbu racik yang mudah dan praktis. Silakan sesuaikan isian sup dengan selera Anda. Saya yakin Anda akan puas dengan apa yang Anda buat itu.

3. Ozro dan sayuran (Mesir)

Pertama, anda pasti bertanya, apa itu Orzo? Saya yang tak familiar dengan masakan Timur Tengah tentu takjub dengan penampakan orzo yang mirip nasi bentuknya. Orzo memang sejenis pasta yang bentuknya seperti beras. Namun soal rasa, orzo berbeda dengan nasi. Rupanya orzo terbuat dari gandum yang bisa disajikan dalam sup atau salad.

Orzo ini konon lebih menyehatkan karena rendah lemak dan kandungan proteinnya dua kali lipat.

Untuk membuat sup seperti di atas, ozro bisa disajikan dengan wortel, seledri bahkan bayam. Tak perlu waktu lama memasak sup ozro, ketika sayur sup sudah matang maka masukkan ozro. Tambahkan kaldu sayur, sedikit perasan lemon, garam dan merica. Tunggu beberapa saat hingga ozro siap dihidangkan.

Dari ketiga menu sup di atas, Anda akan pilih mana?

2 thoughts on “3 Sup yang Hangat di Musim Dingin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.