Ramen sayuran dan telur.

Ramen adalah salah satu makanan populer yang digemari, tidak hanya di Asia, tetapi juga di seluruh dunia. Saya bisa membeli ramen di restoran selera asia. Cara lain adalah saya membeli mie ramen kemasan yang praktis dan tinggal dimasak di rumah. Namun jika saya punya banyak waktu seperti sekarang, mengapa tidak mencoba buat mie ramen sendiri di rumah? Dengan memasak mie ramen sendiri maka saya bisa kreasikan dengan berbagai rasa sesuai selera.

Setelah saya mencoba dua ramen sebelumnya yakni ramen sea food dan beef ramen, saya baru saja mencoba ramen vegetarian. Ide ini muncul ketika saya ingin makan sayuran dan telur saja. Saya punya jamur champignon, tauge, sawi pok choy dan cabai. Anda bisa gantikan atau tambahkan sayuran lain seperti wortel, brokoli,timun jepang misalnya. Untuk telurnya, saya masak menjadi orak-arik. Pilihan lain, anda bisa masak menjadi telur rebus. Semua disesuaikan dengan stok ketersediaan bahan di rumah atau selera anda.

Umumnya, mie ramen memiliki tekstur yang berbeda. Mie ramen panjang, tebal dan porsinya cukup besar menurut saya. Saya tidak terlalu suka sehingga saya gantikan mie kuning yang bisa dijadikan mie godok jawa atau mie goreng. Mie itu sama dengan pasta dan beras yang selalu tersedia sebagai stok di rumah. Tentang mie, sesuaikan dengan selera anda.

Bahan yang diperlukan

Sayuran bisa anda kreasikan sesuai selera anda dan sausnya adalah campuran yang dijelaskan di bawah ini.
  1. 1 porsi mie kuning, sesuaikan dengan selera anda
  2. 400 ml air
  3. 1 butir telur ayam
  4. 1 SDM minyak sayur
  5. Sawi hijau
  6. Tauge
  7. Cabai merah
  8. Jamur champignon
  9. Saus ramen (2 SDT soja sauce, 1 SDT saus tiram, 1 SDT rice vinegar, 1 SDT kecap ikan, 1 SDT kecap manis, 1/2 sendok teh minyak wijen)
Nikmatnya buatan sendiri.

Langkah membuatnya

  1. Masak air hingga mendidih.
  2. Masukkan mie dan sawi. Masak hingga setengah matang. Saya butuh waktu sekitar 2 menit dalam api sedang. Selesai, tiriskan airnya dan singkirkan
  3. Potong sawi, jamur dan cabai.
  4. Panaskan wajan dan masukkan minyak sayur.
  5. Masukkan telur dan masak hingga setengah matang. Buat orak-arik telur atau sesuai selera.
  6. Masukkan irisan jamur, kemudian masak hingga matang bersama telur.
  7. Masukkan sekarang mie dan sawi yang selesai di nomor 2. Masak bersamaan.
  8. Tambahkan saus yang sudah tercampur seperti yang dijelaskan di atas. Masak sekitar 1 menit.
  9. Sajikan dengan potongan cabai.

Saran penyajian

  • Jika anda ingin ramen yang pedas maka anda bisa tambahkan cabai bubuk dan paprika bubuk. Atur tingkat kepedasan sesuai selera anda.
  • Anda juga bisa menambahkan rasa pedas dengan cabai yang dihaluskan. Masukkan bersamaan saat anda memasukkan saus ramen.
  • Anda bisa buat telur orak-arik, telur rebus, telur setengah matang atau telur mata sapi.
  • Bila anda tak ada rice vinegar, anda bisa gantikan dengan jahe 1 ruas jari yang dihaluskan.

Selamat mencoba di rumah!