Jika anda berpikir Christkindlmarkt, pasar menjelang Natal hanya untuk area bisnis, itu tidak benar. Pasar menjelang Natal diadakan di tiap kota untuk merayakan kebersamaan menjelang Natal sekaligus memenuhi segala kebutuhan orang-orang mempersiapkan Natal.

Memang Christkindlmarkt berawal dari pasar musiman, yang secara tradisional menjadi ciri khas bahwa Natal akan tiba di Jerman. Itu sebab tiap kota secara meriah menyelenggarakannya untuk berinteraksi silahturahmi satu sama lain dalam satu kota. Ternyata dibalik itu, ada tujuan sosial juga, tidak seperti pasar yang mencari keuntungan semata.

Ketika pilihan datang ke Christkindlmarkt di malam hari belum terwujud. Usai pulang misa dari Gereja minggu lalu, saya dan suami datang lagi di kota lain. Usai memberikan berkat penutup, Pastor mengajak seluruh umat untuk datang halaman dekat Gereja, menyaksikan dan berpartisipasi di Christkindlmarkt.

Apa yang terjadi?

Christkindlmarkt diselenggarakan oleh Gereja Katolik setempat dalam rangka pencarian dana sosial. Jadi gerai yang dibuka dikhususkan untuk kegiatan amal. Ada kedai makanan, kedai minuman, kedai dekorasi Natal, kedai buku-buku hingga kedai hadiah Natal. Lengkap!

Kali ini saya memang datang di siang hari. Kemeriahan Christkindlmarkt lainnya, diupayakan dalam kemerlap malam hari di tengah dingin salju.